Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen

Konsumen memiliki hak dan sebagai karyawan atau pelanggan, itu adalah tanggung jawab Anda untuk memastikan bahwa hak-hak tersebut dipatuhi dan dipahami setiap saat. Tapi apa sebenarnya Hak Konsumen cerdas? Pemahaman Hak-hak konsumen dapat didefinisikan sebagai sesuai dengan apa yang adil, baik atau benar ketika berhadapan dengan konsumen serta memastikan bahwa konsumen dilindungi dari bahaya atau salah lakukan ketika berhadapan dengan penyedia layanan atau distributor produk. KCPPK atau konsumen cerdas paham perlindungan konsumen terbaik.

Konsumen Nasional Union Afrika Selatan (SANCU) telah mendokumentasikan delapan hak kcppk konsumen dan diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Hak untuk didengar - The pengecer, pemasok atau siapapun yang terlibat harus mendengarkan dan mengajarkan konsumen ketika mereka mengeluh. Compliant harus ditangani dengan orang di bagian atas atau manajer dari sebuah toko tertentu.
  • Hak atas rasa aman menjadi konsumen, KCPPK konsumen cerdas paham perlindungan konsumen, harus dilindungi terhadap kekurangan atau bahaya yang tersembunyi dalam produk atau jasa yang mereka beli. Mereka juga memiliki hak untuk keselamatan fisik saat mereka membeli.
  • Hak untuk ganti rugi - Bila Anda menjual produk yang lebih rendah atau layanan, Anda memiliki hak untuk kembali ke penjual dan menuntut penggantian atau pengembalian dana. Dalam beberapa kasus hak ini dilindungi oleh hukum dan konsumen harus paham jika dapat membawa kasus mereka ke pengadilan untuk menggunakan hak mereka untuk ganti rugi.
  • Hak atas lingkungan yang sehat - Konsumen belajar memahami secara cerdas untuk lingkungan fisik yang akan meningkatkan kualitas hidup.
  • Hak untuk diberitahu - Konsumen memiliki hak untuk diberikan semua informasi yang mereka butuhkan tentang produk atau jasa. Misalnya mereka memiliki hak untuk meminta daftar bahan-bahan yang masuk ke dalam membuat suatu produk tertentu yang dijual, informasi rinci kontrak yang mereka mungkin menandatangani, dll
  • Hak untuk memilih - Konsumen harus bersikeras pada berbagai produk dan barang untuk memilih dari berdasarkan selera pribadi, kualitas atau harga. Persaingan di pasar memungkinkan Anda untuk membeli apa yang sesuai keadaan khusus Anda.
  • Hak untuk pendidikan konsumen - Konsumen memiliki hak untuk menuntut pendidikan di urusan konsumen. Kedua negara dan sektor swasta memiliki peran untuk bermain dalam hal ini.
  • Hak untuk pemenuhan kebutuhan dasar - Konsumen belajar cerdas memami hak untuk barang dan jasa dasar yang menjamin kelangsungan hidup. Ini termasuk makanan yang cukup, pakaian, tempat tinggal, kesehatan, pendidikan dan sanitasi.

Prinsip Hak Perlindungan Konsumen

  • Melindungi konsumen kcppk
  • Layanan etika
  • Produk / layanan yang cocok untuk digunakan
  • Pelanggaran hak asasi

Melindungi konsumen cerdas

Afrika Selatan memiliki delapan hak-hak konsumen KCPPK kunci yang telah dikembangkan berdasarkan pada Pedoman PBB untuk Perlindungan Konsumen 1985. Kedelapan Hak kunci akan dibahas dalam kesepakatan yang lebih besar di bawah bagian berjudul hak-hak konsumen di Afrika Selatan. Hak-hak tersebut dikembangkan dan dilaksanakan untuk memastikan bahwa konsumen KCPPK di seluruh dunia yang diperlakukan dengan adil ketika berhadapan dengan penyedia produk atau jasa.

Layanan etika

Sebagian besar perusahaan di seluruh dunia saat ini telah didasarkan praktek layanan pelanggan mereka saat ini sekitar hak-hak konsumen. Misalnya membangun survei kepuasan pelanggan dan manajer hubungan pelanggan untuk menangani kegagalan dalam pelayanan, memastikan bahwa produk atau jasa yang berkualitas terjamin, memastikan bahwa pelanggan dapat berbelanja dalam lingkungan yang aman dan juga mendidik pelanggan mereka tentang produk atau jasa yang mereka beli. Ini adalah hanya beberapa dari layanan utama bahwa perusahaan telah dikembangkan dalam rangka untuk membuat pengalaman pelanggan dengan perusahaan, yang menyenangkan. Jika terjadi kegagalan pada siapa pun dari layanan tersebut di atas, maka ada kegagalan dalam etika pelayanan.

Produk / Jasa yang cocok untuk konsumen cerdas paham perlindungan konsumen di negara ini.

Sebagaimana dimaksud dalam angka titik ini dua dan tiga di bagian yang berhubungan dengan hak-hak konsumen di Afrika Selatan, konsumen memiliki hak untuk membeli produk yang cocok untuk digunakan dan jika ada cacat, mereka dapat kembali ke pemasok. Semua produk yang diproduksi harus jaminan kualitas sign off pada setiap produk untuk memastikan bahwa itu adalah dalam rangka kerja sebelum meninggalkan fasilitas manufaktur. Layanan yang ditawarkan harus berkualitas diperiksa oleh fungsi manajemen mutu dengan cara melakukan survei kepuasan, data audit ditangkap oleh karyawan, melakukan penilaian panggilan, dll

Pelanggaran hak asasi

Hak-hak konsumen apapun yang telah dilanggar oleh penyedia suatu produk atau jasa harus dibawa ke perhatian dari pihak yang berwenang yang mengatur bahwa jenis tertentu dari pemasok. Misalnya ada sejumlah wartawan medial dan konsumen belajar perlindungan cerdas untuk bertindak atas nama konsumen, urusan Nasional konsumen departemen pemerintah, pemerintah provinsi urusan kantor, dan dewan industri tertentu yang mengatur masing-masing jenis industri tertentu, medis, gigi Ombudsman, The Afrika Selatan Konsumen Nasional Union, dll konsumen harus melakukan penelitian yang diperlukan untuk mengetahui siapa mereka harus mendekati sehubungan dengan pelanggaran hak-hak konsumen.

Mempelajari hak Konsumen

Ada organisasi konsumen 260 di lebih dari 100 negara di seluruh dunia berjuang untuk mempromosikan masyarakat yang lebih adil melalui membela hak-hak semua konsumen, termasuk masyarakat miskin dan terpinggirkan, dengan mendukung dan memperkuat organisasi anggota dan gerakan konsumen pada umumnya, kampanye untuk hak-hak konsumen 'untuk ditempatkan di jantung pembuatan kebijakan untuk mendorong pembangunan berkelanjutan. MENJADI konsumen cerdas paham perlindungan konsumen. Ada delapan hak konsumen utama internasional seperti yang didefinisikan oleh Pedoman PBB untuk Perlindungan Konsumen 1985. Mereka dapat disederhanakan menjadi sebagai berikut:

Hak untuk mengakses kebutuhan dasar
  • Untuk keamanan
  • Untuk informasi
  • Untuk pilihan
  • Untuk representasi
  • Untuk pendidikan konsumen
  • Untuk ganti rugi
  • Lingkungan yang sehat


Seperti yang dapat Anda lihat dari atas, hak-hak konsumen Afrika Selatan telah dikembangkan dan diimplementasikan berdasarkan standar internasional.

Konsumen hak forum

Sebagian besar perusahaan memiliki kontak langsung melalui organisasi seperti Uni Afrika Selatan Konsumen Nasional untuk masalah konsumen terkait yang dapat digunakan untuk melaporkan hak-hak konsumen isu-isu terkait. Ada berbagai forum yang dapat digunakan oleh konsumen untuk melaporkan masalah hak-hak konsumen. Misalnya seperti yang disebutkan pada halaman sebelumnya, sektor bisnis yang paling memiliki Ombudsman mewakili yang akan menyelidiki masalah ini lebih lanjut. Ada badan pemerintah di tingkat nasional dan provinsi yang juga menyelidiki kasus-kasus kegagalan hak-hak konsumen. Ada juga beberapa media berbasis kontak saran konsumen tersedia untuk media belajar konsumen. Ini adalah tanggung jawab konsumen untuk mencari tahu apa organisasi mengatur apa industri dan merekam informasi ini untuk penggunaan masa depan.

Apa yang harus Anda lakukan sebagai seorang karyawan dari perusahaan Anda untuk memastikan bahwa hak-hak dipatuhi? Belajar menjadi konsumen cerdas paham perlindungan konsumen dulu.

  • Memastikan bahwa semua staf terlatih untuk menangani pertanyaan customer care efektif.
  • Dengarkan apa yang pelanggan Anda telah mengatakan dan memastikan bahwa mereka puas dengan hasil permintaan mereka.
  • Menawarkan garansi uang kembali pada semua produk yang dijual.
  • Menginformasikan klien dari jaminan atau jaminan dan menjelaskan kepada klien jika perlu.
  • Pastikan bahwa pelanggan Anda toko dalam keamanan dikelola lingkungan.
  • Hampir setiap produk konsumsi saat ini sudah menampilkan bahan-bahan mereka. Setiap produk yang tidak menampilkan bahan-bahan harus ditangani dengan pemasok.
  • Memberikan salinan buklet hak-hak konsumen yang diperoleh dari SA Konsumen Nasional Union dan menampilkan mereka di toko Anda.
  • Jika Anda adalah anggota dari Belajar Konsumen Nasional Union, membuat pelanggan Anda menyadari hal ini dengan cara memasang pemberitahuan yang menyatakan hal ini.
  • Pastikan bahwa Anda memiliki proses dan prosedur di tempat untuk menangani barang kembali dan memastikan tindakan yang diambil untuk sumber alasan mengapa hal ini terjadi.
  • Pastikan bahwa Anda memiliki sistem manajemen permintaan tinggi di tempat.

Pelajari lebih lanjut di pembelajaran konsumen cerdas paham perlindungan konsumen blog.